HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU MENYUSUI TENTANG KONTRASEPSI METODE AMENOREA LAKTASI(Studi di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang)

Lisa Fitriarini, Irma Nurmayanti, Nining Mustika Ningrum

Abstract


Pendahuluan:Metode Amenorea Laktasi (MAL) adalah kontrasepsi yang mengandalkan pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilaksanakan di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang tanggal 21 Februari 2016 dari 10 orang responden yang diwawancarai diketahui 4 responden tidak mengetahui tentang kontrasepsi MAL dan 6 responden mengetahui tentang kontrasepsi MAL.Tujuan Penelitian:Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Menyusui Tentang Kontrasepsi Metode Amenorea Laktasi di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.Metode Penelitian: Desain penelitian ini adalah analitik cross sectional. Populasinya semua ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang berjumlah 37 responden. Variabel independent adalah pengetahuan ibu menyusui tentang MAL, variabel dependent adalah sikap ibu menyusui tentang MAL.Teknik sampling menggunakan proportional random sampling dengan sampelnyasejumlah 34 responden.Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan pengolahan data editing, coding, scoring, tabulating dan uji statistik menggunakan Spearman Rank.Hasil Penelitian:Hasil penelitian menunjukan 25 (73,5%) responden memiliki pengetahuan yang kurang serta bersikap negatif terhadap MAL. Uji Spearman Rank menunjukan nilai signifikan sebesar ρ=0,000 <α=0,05 maka H1 diterima. Kesimpulan:Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Ibu Menyusui Tentang Kontrasepsi Metode Amenorea Laktasi di Desa Cukir, Kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang. Saran:Diharapkan bisa menjadi bahan acuan pembelajaran dan bahan kepustakaan tentang kontrasepsi Metode Amenorea Laktasi.

 

Kata Kunci :Ibu Menyusui, Metode Amenorea Laktasi, Pengetahuan, Sikap


Full Text:

PDF

References


Arum dan Sujiyatini, 2010.Paduan Lengkap Pelayanan KB Terkini. Nuha Medika: Jogjakarta

Azwar. 2010. Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar. 2011. Teori Dan Pengukurannya Sikap Manusia. Yogyakarta : Pustaka Pelajar Offset.

Bloom, Benjamin S., etc. 1956. Taxonomy of Education Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. NEW york : Longmans, Green and Co.

Mubarok, I. M., dkk. 2012. Promosi Kesehatan:Sebuah Pengantar Proses Belajar Mengajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Muryanto, 2012.Amenorea Laktasi Sebagai Metode Ber-KB Serta Urgensinya Terhadap PP 33 Tahun 2012.www.kulonprogokab.go.id/.../getfile.php?...Amenorea-Laktasi-... Diakses pada tanggal 20 Februari 2016

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineika Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. MetodologiPenelitian Kesehatan .Jakarta : Rineka Cipta

Prasetyo, Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Saifuddin, dkk. 2010. Buku Panduan Praktis Pelayanan Kontrasepsi. Jakarta:Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jumlah Pengunjung OJS STIKES Insan Cendekia Medika Jombang: