HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN KEMAMPUAN ANAK DALAM BERBICARA (studi di Play Group Ar-Rohim Kelas B Jati Pelem Diwek Jombang)

Ucik Indrawati

Abstract


Pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini terjadi setelah seseorang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indra manusia yakni penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga. Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemampuan yang perlu dikembangkan sejak usia dini, atau kata-kata untuk mengekpresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan, dan perasaan. Desain penelitian analitik, cross sectional. Pada penelitian ini populasinya adalah semua ibu dan anak di Play Group Ar-Rohim Kelas B Jati Pelem Diwek Jombang sejumlah 28 responden, dan sampelnya juga semua ibu dan anak sejumlah 28 responden. Pengambilan sampling dalam penelitian ini adalah total sampling dan uji statistic yang digunakan Rank Spearmen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar responden yang ada di Play Group Ar-Rohim Kelas B Jati Pelem Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang ibu yang memiliki pengetahuan dengan kemampuan anak dalam berbicara yaitu cukup.Ada hubungan antara pengetahuan ibu dengan kemampuan anak dalam berbicara. Uji Rank Spearmen pada tingkat signifikan 0,000<0,005  yang artinya H1 diterima. Penting sekali bagi ibu untuk  dapat membantu perkembangan bahasa anak dengan cara: Mendongeng dan bermain sambil belajar dalam suasana informal, selain itu sebaiknya berbicara menggunakan bahasa yang sederhana dalam kegiatan sehari-hari sehinnga anak lebih paham atau mengerti makna yang diungkapkan orang lain.

 

Kata Kunci : Pengetahuan Ibu, Kemampuan Anak Dalam Berbicara, Anak Prasekolah


Full Text:

PDF

References


Dariyo, Agoes. 2007. Psikologi Perkembangan Anak Tiga TahunPertama. Bandung: PT Refika Aditama.

Dewi M & Wawan.2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan Sikap dan Perilaku Manusia.Yogyakarta: Nuha Medika.

Haditono, SR. 2006. Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press

Hurlock. 2011. Psikologi Perkembangan Edisi 5.Jakarta: Airlangga.

James E. Johnson dan Jaipul L. Roopnarine.2011.Pendidikan Anak Usia Dini dalam Berbagai Pendekatan Edisi 5.Jakarta: Kencana.

Nirwana, A.2011.Psikologi Bayi, Balita dan Anak.Yogyakarta: Nuha Medika.

Notoatmodjo, Soekidjo.2010.Metodologi Penelitian Kesehatan.Jakarta: PT Rineka Cipta.

Nursalam.2008.Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Edisi 2.Jakarta : Salemba Medika.

Saryono. 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jogjakarta: Mitra Cendekia Press.

Setiadi. 2007. Metodologi Penelitian. Jakarta: Graha Ilmu.

Sigit,R.2010.Kemampuan Berbicara. http://www.google.com/R.Sigit’s-Undergraduated.theses.pdf.kemampuan-berbicar). Diakses tanggal 10 Mei jam 10.00.

Suparyanto.2011. Konsep Ibu.http://dr-suparyanto.blogspot.com/2011/05/konsep-ibu.html. Diakses tanggal 12 Juni jam 20.00.

Suprawoto. 2009. Pembelajaran Berbicara.http://www.slideshare.net/NASuprawoto /pembelajaran-berbicara). Diakses tanggal 15 Mei jam 10.30.

Tutut, Bawean. 2009. Tugas-Tugas Perkembangan Anak. (http://tutut-bawean.blogspot.com/2009/05/tugas-tugas-perkembangan-anak.html). Diakses tanggal 10 Mei jam 15.00.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexing by

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jumlah Pengunjung OJS STIKES Insan Cendekia Medika Jombang: