DUKUNGAN KELUARGA PADA PASIEN KANKER PAYUDARA DENGAN KEMOTERAPI DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

  • Ida Nurjayanti

Abstract

Pasien yang menderita sakit kanker payudara akan menjalani beberapa tahapan pengobatan, antara lain dengan pemberian kemoterapi. Kemoterapi yang dilakukan membutuhkan berbagai strategi keperawatan untuk membantu mengatasi efek yang timbul termasuk dukungan keluarga.Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksploitasi dukungan yang diharapkan pada pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi diskriptif. Partisipan berjumlah 4 orang pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi dan didapatkan 4 masalah yaitu masalah pengetahuan tentang kanker paudara dan dampak dari kemoterapi, efek kemoterapi menyebabkan perubahan peran fungsidalam keluarga, dampak psikologis, dan tindakan partisipan dalam mengatasi masalah setelah sakit.

References

Acley, B.J. & Ladwing, G.B.(2011). Nursing Diagnosis Hanbook. An Evidencebased Guide to Planing Care. Ninth Edition. St. Louis: Mosby, Inc., anaffiliate of Elsevier Inc

Given, B,A., Given, C,W & Kozaclik, S. (2001). Family Support in Advanced Cancer. CA Cancer Journal Clin. 51(4) 213

Kuntjoro (2012). Psikologi Sosial. http://www.e-psikologi.com/artikel/html. Diperoleh tanggal 11April 2016)

Mashudi, D. (2009). Dasar – Dasar Penelitian Kualitatif, Tata Langkah dan Tehnik – Tehnik Teoritisasi Data, Anselm Strauss & Juliet Corbin. Jakarta.

Mukwto, K.P., Mweemba, P & Mukoleka, M,M. Stress and Coping mechanisms Among Breast Cancer Patients and Family caregivers: A Riview of Literature. Medical journal of Zambia. 37 (1) 40.

Notosoedirjo. Moeljono. Latipun. (2011). Kesehatan Mental Konsep dan Penerapan. (ed.3). Universitas Muhammadiyah Malang.

Fajriati, A. (2013). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Kanker Yang Akan Menjalani Kemoterapi di RS Roemani Semarang. http://digilib.unimus.ac.id

Published
2019-03-28
Section
Jurnal Keperawatan Volume 17 No 1