SELF EFFICACYIBU BEKERJA DALAM PEMBERIAN ASI PADA BAYIUSIA 0 – 6 BULANMENGGUNAKAN MODEL PROMOSIKESEHATAN DI PT MUFASUFU SEJATI JAYA LESTARI MPS PLOSO

  • Monika Sawitri Prihatini
  • Ririn Probowati
  • Evita Dwi Ayu Mentari

Abstract

Globalisasi telah membentukparadigma berpikirkaum perempuan untuk menuntut persamaan hak antara perempuan dan laki-laki. Banyak ibu yang bekerja sebagai wanita karier, sehingga banyak ibu yang menganti ASI dengan susu Formula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi kesehatan terhadapself efficacy ibu bekerjadi PT Mufasufu Sejati Jaya Lestari MPS Ploso.Desain penelitian pra eksperiment one group pre test and post test. Populasi dan sampel ibu bekerja yang mempunyai bayi usia 0-6 bulan pada tanggal 6 Mei s/d 6 Juni 2018 sebanyak 30 respondenmenggunakanTotal Sampling.Pengumpulan data dilakukan 4 kali kunjungan.Variabel independen promosi kesehatan, variabel dependen self efficacy ibu bekerja dalam pemberian ASI, Uji analitik mengunakan Wilcoxon Signed Rank Test, α : 0.05.Hasil sebelum pemberian pendidikan kesehatan ibu memiliki self efficacy sedang(46,7%)dan setelah dilakukan pendidikan kesehatan mengunakan modul,self efficacy tinggi (63,3%). Didapatkan bahwa p value : 0,000 < 0,05 artinya ada pengaruh Self Eficacy ibu bekerja dalam pemberian ASI  dengan model promosi kesehatan pada bayi usia 0 – 6 bulan di PT Mufasufu Sejati Jaya Lestari MPS Ploso.Model promosi kesehatan menggunakan modul dapat meningkatkan self efficacy ibu bekerja. Modul yang digunakan dilengkapi dengan gambar dan bahasa yang mudah dipahami. Diharapkan ibu dapat mempelajari dan membagikan pengetahuannya kepada orang lain dan bagi tenaga kesehatan dapat dijadikan acuan dalam memberikan pendidikan kesehatan bagi masyarakat.

References

Bandura, A. 1997. Self –efficacy: The Exercise of control. New York. W. H. Freeman

Cai, X., Wardlaw and Brown. 2012.Globall Trends in Exclusively Breastfeeding.International Breastfeeding Journal: 7-12.

Depkes. 2013. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). Badan Peneliti dan Pengembangan Kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Jombang. 2016. Profil Kesehatan Kabupaten Jombang 2016

Hafsah, N. R. J., D. Rohendi and Purnawan (2016).Penerapan Media Pembelajaran Modul Elektronik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Mekanik .Journal of Mechanical Engineering Education3: 106-112.

Hambawany, E. 2007.Hubungan antara Self Efficacy dan Persepsi AnakTerhadap Perhatian Orangtua Dengan Prestasi Belajar pada PenyandangTuna Daksa.Skripsi (tidak diterbitkan). Fakultas Psikologi : UniversitasMuhammadiyah Surakarta.

IDAI.2010. Indonesia Menyusui.Jakarta : Badan Penerbit IDAI

Jones. 2011. Factors Associated With Exclusive Breastfeeding in the United States. Pediatrics Journal. 128, 1117-1125.

Kementrian Kesehatan RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia 2015. Jakarta: Kemenkes RI

Notoatmodjo, S. 2008. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta : Rineka Cipta

Nurjanah.2008. Implementasi Pasal Undang-undang NO 13 Tahun 2003 Tentang Hak Menyusui Pekerja Perempuan Selama Bekerja.Jurnal Promosi Kesehatan Indonesia, 3, 1.

Prasetyono.2009. Buku Pintar ASI Eksklusif, Pengenalan Praktik dan Kemanfaatannya.Jogjakarta : Diva Press

Yunita, I. E. and L. Hakim 2014.Pengembangan Modul Berbasis Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Karakter pada Materi Jurnal Khusus.Universitas Surabaya: 1-6

Published
2019-03-28
Section
Jurnal Keperawatan Volume 17 No 1